Sabtu, 28 April 2012

Bagaimana Menjadi Penulis Profesional

penulis profesional penulis terkenal penulis puisi dll

Bagaimana Menjadi Penulis Profesional - Hello Sobat. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Bagaimana Menjadi Penulis Profesional". Setiap profesi membutuhkan keahlian. Yakni keahlian di bidangnya masing-masing. Penulis sebagai profesi sama dengan profesi lain seperti dokter, pengacara, akuntan, guru, dosen, dan lainnya. Apa yang dimaksud profesional? Yakni seseorang yang mampu bekerja dengan menguasai keilmuan di bidangnya. Bagaimana penulis? Setidaknya seorang penulis bisa disebut profesional jika memiliki ciri sebagai berikut :

  1. Mempunyai tujuan yang jelas. Artinya seorang penulis yang membuat suatu karya harus punya tujuan yang jelas bukan sekedar main-main. Misalnya bertujuan untuk membuat sesutau yang bermakna atau bermanfaat bagi orang lain. Atau untuk mendapatkan uang untuk tujuan yang baik, dan sebagainya.
  2. Disiplin kerja. Ciri penulis profesional adalah disiplin. Artinya, dia memiliki keteraturan atau jadwal untuk menulis secara kontinyu. Dalam bekerja, dia tak menunda-nunda pekerjaan atau sekedar menunggu mood, tapi dia menciptakan suasana agar tetap bekerja sesuai jadwal dan disiplin waktu. Kalau memang suatu tulisan harus selesai dalam waktu tertentu, ia harus selesai secara on time (tepat waktu).
  3. Bekerja secara efektif dan efisien. Artinya bekerja yang cekatan dan tangkas atau tidak bertele-tele, berlama-lama. Suatu pekerjaan bisa diselesaikan dengan tenaga atau modal sedikit mungkin dan dalam waktu sesingkat-singkatnya (tak molor atau menunda-nunda) dengan hasil yang maksimal, inilah yang disebut efektif dan efisien.
  4. Mempunyai target yang jelas. Artinya, penulis profesional mampu mengerjakan pekerjaannya sesuai target yang ditentukan. Misalnya sebuah artikel atau esai, cerita, atau puisi harus selesai dalam waktu tertentu seperti tiga jam, atau sehari, dua hari, atau seminggu. Setelah sampai pada waktu yang ditentukan ia harus selesai. Atau kalau menulis buku harus selesai dalam jangka waktu tertentu satu bulan, dua bulan, atau setengah tahun, atau satu tahun, dan sejenisnya. Target tulisan harus selesai pada waktunya.
  5. Selalu belajar dan berinovasi. Artinya seorang penulis yang baik selalu belajar agar tidak ketinggalan informasi sekaligus melakukan inovasi agar tulisan selalu aktual dan diminati pembaca. Tanpa belajar dan inovasi, karya si penulis menjadi tidak menarik dan akan ditinggalkan pembacanya. Tulisannya dianggap basi dan ketinggalan zaman, teori sudah usang dan tak dipakai lagi. Nah, sebagai penulis profesional tentu harus belajar dan berinovasi dalam karyanya.

Bagaimana dengan anda? Apakah tertarik untuk menekuni dunia tulis menulis? - Bagaimana Menjadi Penulis Profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar