Sabtu, 28 April 2012

Apa Sih, Manfaat Menulis Itu?

manfaat menulis di blog buku harian buku novel dll

Apa Sih, Manfaat Menulis Itu? - Hello, Sobat. Ketemu lagi, nih. Pada postingan kali ini, saya akan menunjukkan "Apa Sih, Manfaat Menulis Itu?". Setelah pada hari Jum'at kemarin saya tidak bisa posting, dikarenakan servise warnet di daerah saya sedang ada gangguan. Jadi, saya tunda satu hari.

Kembali ke topik pembahasan. Tentang menulis. Yups, sangat banyak manfaat yang bisa diperoleh dari aktivitas menulis. Meskipun masih ada beberapa orang yang tidak suka menulis, karena mereka yang belum tahu apa manfaat dibalik aktivitas di dunia tulis menulis. Nah, dengan begitu, setelah anda membaca informasi sederhana di bawah ini, mungkin anda akan tertarik untuk menekuni dunia tulis menulis, meski hanya menulis di buku harian ataupun menulis di blog. Tak usah berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa manfaat dari aktivitas menulis. Berikut ulasannya.

Pertama, kalau kita ingin menulis pasti menimbulkan rasa ingin tahu (curicoty) dan melatih kepekaan dalam melihat realitas di sekitar. Kepekaan dalam melihat suatu realitas lingkungan itulah yang kadang tidak dimiliki oleh orang yang bukan penulis.

Kedua, dengan kegiatan menulis, mendorong kita untuk mencari referensi seperti buku, majalah, koran, jurnal, dan sejenisnya. Dengan membaca referensi-referensi tersebut tentu kita akan semakin bertambah wawasan dan pengetahuan kita tentang apa yang akan kita tulis.

Ketiga, dengan aktivitas menulis, kita terlatih menyusun pemikiran dan argumen kita secara runtut, sistematis, dan logis. Dengan keteraturan tersebut membantu kita untuk menyampaikan pendapat atau pemikiran kita pada orang lain. Pendek kata kita menjadi semakin cerdas.

Keempat, dengan menulis secara psikologis akan mengurangi tingkat ketegangan dan stres kita. Segela uneg-uneg, rasa senang atau sedih bisa ditumpahkan lewat tulisan dimana dalam tulisan orang bisa bebas menulis tanpa diganggu atau diketahui oleh orang lain. Dalam tulisan, seorang penulis membuat dunia tersendiri yang bebas dari intervensi orang lain.

Kelima, dengan menulis dimana tulisan kita dibaca oleh banyak orang (mungkin puluhan, ratusan, ribuan bahkan jutaan) membuat sang penulis semakin populer dan dikenal oleh publik pembaca. Popularitas kadang membuat seseorang merasa puas dan dihargai oleh orang lain.

Itulah sederet manfaat aktivitas menulis, barangkali banyak manfaat lain kalau lebih dalam lagi. Nah, bagaimana dengan anda? Mau mencoba silahkan. - Apa Sih, Manfaat Menulis Itu?

Baca juga : 10 Tips Membangun Kepercayaan Diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar